Kamis, 23 Februari 2017

Tahun Depan

Tau gak rasanya jadi remaja 19 tahun tapi udah kena overdosis sama pertanyaan kapan nikah? Beneran deh, mau kesel tapi ya gimana gitu. Lagian umur saya kan masih 19 mau 20, ya emang udah gak bisa disebut muda, tapi saya juga kan belum tua-tua amat. Umur saya sedang produktif-produktif nya, mendingan juga saya nikmatin hidup dengan bebas dan menyibukkan diri biar banyak pengalaman. Temen saya yang kemarin nikah muda itu lagi gencar-gencarnya share foto keindahan menikah muda dan selama dia lagi liburan alias bulan madu di grup.

Sedihnya, saya juga yang kena ciprat. Padahal cuma iseng nyautin, nanya lagi dimana, soalnya saya kepingin pas ngeliat foto makanannya. Malah saya yang dibombardir sama pertanyaan kapan saya akan nyusul. Saya tuh pada awalnya biasa aja banget kok kalo ditanya kayak gini, kecuali kalo yang nanyain mama saya. Cuma ya lama-lama saya mulai keabisan kalimat ngeles.

"Tahun depan."
"Ntaran deh nunggu siap, kan butuh mental yang mateng."
"Iya ntar abis si anu, gue yang nyusul."
"Udah tunggu aja ntar undangan nyampe rumah lo pada."

Hingga lama-kelamaan kalimat-kalimat ngeles nan masuk akal di atas berubah menjadi kalimat yang keliatan banget gak jelas.

"Apaan sih hahaha..."
"Hehehe..."
"..."

Gitu lah.

Ya udah gapapa. Masih bisa sabar.

Ada lagi, temen baik saya yang bilang, "Coba dulu aja ajakin pacar kamu nikah, kalo dia gak mau atau belum siap, ya udah. Kamu jangan takut, jangan kuatir! Aku kenal banyak cowok baik, pasti ada yang mau sama kamu di luar sana." Terus dia ngasih nasihat, kalo nikah muda itu baiknya gini-gini-gini, kalo nanti pas menikah ada konflik, harus gitu-gitu-gitu. Katanya lebih baik nikah muda, biar gak keburu kejadian yang buruk-buruk, Harus siap hati dan jiwa juga raga.

Iya, tau, cuma ya gimana...

Dan di waktu yang lainnya, temen lainnya, saking niatnya (atau mungkin saking jailnya) dia sampe nyolong nomor pacar saya, katanya mau ditelpon biar buruan nikahin saya. Untung gak jadi ditelpon (soalnya waktu itu lagi konflik sama pacar WKWKWK),

Pertanyaan saya adalah:

Apakah saya terlihat seperti seorang perempuan menyedihkan yang sebegitu desperate nya ingin nyusul nikah?

Padahal nggak juga dah. Saya nyante. Saya ngomong gini bukan membela diri seakan saya jomblo akut, toh saya juga ada pacar. Yang ngeselin adalah pandangan orang ke saya tuh seakan harus banget nikah muda, kalo nggak berarti gak laku (emangnya kamu laku, Yo? pft).

Pokoknya gitu. Untung aja mama saya gak kayak mama-mama yang ngasih deadline nikah ke anaknya untuk wajib sudah menikah maksimal di umur sekian. Hih, gak kebayang saya.

Gak usah jauh-jauh deh, saya aja kalo dikasih tau ada temen cowok yang demen sama saya, malah saya jauhin. Ya baru belakangan ini aja saya mau mulai pacaran lagi, itu juga saya punya alasan pribadi dan bukan alasan ingin menikah muda, tapi karena saya merasa cocok dan tepat sama pacar saya.

Kalo cocok dan tepat kenapa gak nikah aja Yo?

TUH KAN BALIK LAGI PERTANYAAN NYA :(

***

Balik lagi ke topik 'kalimat ngeles', yang paling populer saya jadiin alasan adalah 'tahun depan'. Saya mikirnya sih, ya jawab aja tahun depan gitu, terus pas tahun depannya ditanya lagi, bilang lagi tahun depan. Meskipun gak ada rencana atau bahkan wacana ke arah sana, kan kali aja jadi doa yang terkabul hehehe. Tapi ya sebenernya biar orang pada diem aja sih gak nanya mulu, kan pertanyaan kapan nikah tuh rata-rata basa-basi (walau gak sedikit yang niat nanya).

Contoh orang yang niat nanya adalah salah satu sahabat saya yang udah kayak abang saya sendiri. Dia emang selalu ngurusin saya banget, dari jaman saya masih alay, terus suka maenan Omegle (HAHAHA), terus mulai jadi perempuan yang terorganisir, sampe tiap saya bermasalah sama mantan ataupun pacar, dia yang selalu nasehatin.

Maka begitulah, Dia merupakan orang yang ngurusin segala urusan saya.

"Makanya udahlah nikah aja! Daripada main pacaran mulu, tar kalo gelut nangisnya ke gue. Kapan nikah?"
"Tahun depan."
"Beneran lo?"
"Iye."
"Iya kalo umur lo nyampe taun depan, kalo kagak ribet."
"Yang penting gue udah niat kan."
"Udah jangan ditunda mulu napa Yo."
"Gak ditunda itu kan gue bilang tahun depan."
"Tahun depan, ya?"
"Iye."
"Kalo nggak gue jodoin juga deh lo!"

Lelah diri ini.

Saya merasa jahat banget terutama sama diri saya sendiri, karena ngaku-ngaku tahun depan bakal nikah. Kayak mendahului penggaris takdir (ada emang penggaris gituan?) dan tetep aja diburu-buruin. Ya mau dicepetin nikah juga emangnya gampang? Terus emangnya pacar saya gak punya kehidupan sendiri yang lebih penting selain nikahin saya? Pft.

Jadinya di lingkungan pertemanan saya, saya jadi keterusan berkhayal tentang si tahun depan itu mulu. Ditanya udah ada calon, bilang ada. Ditanya calonnya pacar yang sekarang apa gimana, bilangnya ada-deh-rahasia-mau-tau-aja-ah-kalian. Beneran deh, saya kayaknya jahat banget sama diri saya sendiri, ini semua seakan memberi harapan palsu sama hati kecil saya yang mau gak mau jadi ingin juga.

"Calon kamu anak ke berapa?"
"Hmm... anak tunggal sih."
"Wah, cocok tuh anak pertama sama anak tunggal, jadi bisa saling melengkapi sifat kamu yang blabla! Kalian jodoh!"
"Hahaha, gitu ya?" Dalem hati udah pengen banget ngomong, "Iya, kita emang cocok banget... tapi boong."
"Terus, dia deket sama orang tuanya?"
"Deket, hehe."
Untung saya gak jawab, "Iya deket, walaupun dia mengecil dan sekarang tinggal sama orang tua temennya, tapi dia masih sering dikunjungin atau balik ngunjungin orang tua nya." Toh temen saya gak pada baca Detective Conan kan. Mana mereka tau kalo Conan masih suka didatengin sama Yukiko emaknya yang cantik jelita itu.

Atau, percakapan menyedihkan lainnya.

"Hmm, kalo bukan sama pacar yang sekarang, terus kenapa gak diputusin aja pacarnya buat jadian sama calon kamu itu?"
"Emang gak mau pacaran aja, sih."
"Oh, langsung nikah aja maunya?"
"Niatnya gitu."

Saya gak sepenuhnya bohong sih, saya emang gak pacaran sama Conan. Ya iya lah gimana caranya pacaran sama tokoh manga. Dan saya emang mau-mau aja nikah sama wujud aslinya Conan, si Shinichi Kudo, walaupun udah jelas juga saya bego banget karena gak mungkin, selain dia udah jelas sama Ran, dianya juga mana mau sama saya.

"Ganteng gak tuh?"
"Ganteng banget. Lucu, kadang kayak anak kecil mukanya."
"Suka Conan juga kayak kamu?"
"Suka banget."
"Mantipsss, udah buru-buru ajalah!"

Ya iyalah, Shinichi kan emang ganteng dan emang mukanya kayak anak kecil pas lagi jadi Conan.

Temen-temen saya yang antusias ini pada percaya aja pula, apa saya sebegitu meyakinkannya dalam melancarkan serangan ngebet nikah bersama Conan ini, huhuhu. Terus disebar-sebarin ke yang gak percaya, jadi nya pada percaya satu grup.

Saya gak tega ngomongnya harus gimana. Ngarang sendiri, ngaku-ngaku, nyesel deh nanti. Saya juga gak tau deh kalo tahun depan ditanyain mana undangannya, nanti saya mau design undangan yang ada foto saya sama Shinichi Kudo aja lah. Bodo amat, biar jokes nya niat sekalian :)

Hingga akhirnya pas saya lagi mesen makanan sama temen yang punya usaha jajanan kue-kue gitu, dia bilang, "Kalo orang mau nikah tahun depan sih ya harusnya sekarang lagi prepare lah!"

Terus saya harus gimana, masa saya harus pesen catering ke dia sekarang? Bisa gak sekalian dia merealisasikan Shinichi Kudo buat saya?

***

Ya udah lah, doain aja beneran tahun depan, sama Conan. Semoga Conan cepetan nemuin obat buat balikin badannya jadi Shinichi Kudo lagi dan secepatnya mengajak om Yusaku beserta tante Yukiko untuk melamar saya di hadapan orang tua saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar