Jumat, 24 Februari 2017

Bahagia

Tau gak, biar bahagia itu sebenernya gak ribet? Saya tahu kamu dan saya juga semua orang lainnya punya masalah dan kehidupan yang pastinya berbeda. Tapi di samping itu, untuk jadi bahagia gak perlu banyak syarat. Hidup udah ribet, jangan kamu tambah ribet sendiri.

1. Kamu lapar? Tinggal makan. Kamu ngantuk, tinggal tidur. Jam tidur tapi kamu belum ngantuk? Mending makan, nanti kenyang, terus ngantuk, bisa deh tidur. Lapar tapi gak ada makanan? Mending tidur, nanti laparnya kebawa mimpi, mimpi makan enak, kali aja pas bangun ada rejeki makanan.

2. Ketika kamu lagi ngadepin masalah, gak usah takut untuk tidur. Tidur kan enak. Toh pas kamu bangun pun semua masalah hidup tetep ada, gak akan kabur. Malahan bagus, begitu bangun pikiran kamu akan lebih seger dan siapa yang tahu pemikiran cemerlang apa yang mungkin akan menyelesaikan masalah kamu?

3. Mungkin, ada saat dimana kamu kesel dan pingin banget nyumpahin orang. Jangan ya. Mending kamu nyumpahin diri sendiri. "Saya sumpahin saya jadi makin pinter!" atau "Saya sumpahin IPK saya semester ini 3.9!". Bayangin kalo sumpahnya manjur dan kejadian, kamu beneran makin pinter dan IPK kamu hampir empat. Kalo ga kejadian ya gapapa, minimal kamu gak dosa karena nyumpahin orang.

4. Atau kamu pingin ngomong kasar saking gak kuat nahan emosi. Ya udah, ngomong aja. "Aspal jalanan!""Kulit sirsak!""Pipi bruntusan!". Kalo kasarnya yang begitu kan kamu jadi gak dosa. Kalo kamu tahan, kasian batin kamu stres.

5. Kalo kamu kena musibah, kesusahan, bersyukurlah. Masih dikasih kesusahan aja, belum kesusahan banget. Kalo kamu seneng dan bahagia, apalagi. Susah aja bersyukur, apalagi seneng, ya wajib hukumnya.

6. Kamu gak boleh merasa bahwa cinta yang gak berbalas itu suatu hal yang menyakitkan. Justru harus disyukuri, karena itu adalah cinta yang bebas dan tidak mengikat, kamu bisa berhenti dan lepas kapan aja, tanpa harus ribet galau kayak lagi berantem sama pasangan.

7. Saat kamu punya hobi yang ngabisin kuota kayak streaming anime, download film, atau nonton channel youtube idola kamu, lakuin aja. Mending juga kamu nyesel karena kuota kamu kebuang daripada kamu nyesel karena ketinggalan episode yang katanya bagus. Itu hak kamu untuk merasakan sepercik kepuasan dari membuang kuota.

8. Kamu pingin sesuatu? Ya usaha, targetin apa yang harus kamu tempuh demi mendapatkan si keinginan. Kadang memang susah, makanya ada doa. Doa kan gak susah, dapet pahala lagi. Udah usaha dan doa tapi masih gak dapetin keinginan itu? Sabar. Analoginya, handphone teknologi terbaru memang sekarang mahal, tapi nanti juga ada di toko lain dengan harga lebih murah dan kalo beruntung, dapet bonus aplikasi sama case.

9. Ketika kamu capek dengan segalanya, istirahat. Kalo belum capek juga harus istirahat, istirahat itu perlu, gak boleh terlalu lelah. Tapi kalo kebanyakan istirahat juga capek, jadi secukupnya aja, ya.

10. Akan ada saatnya dimana kamu merasa, orang-orang benci sama kamu. Ya udah, jangan geer. Kamu siapa, penting amat sampe dibenci? Mereka itu perhatian, cuma caranya aja yang lucu.

11. Ada yang gak suka sama kamu? Nyinyir melulu? Ya udah, terus kenapa? Dia yang rugi, dosa nyinyirin orang.

12. Kalo dikatain sombong, ya malah bagus, orang ngiranya kita punya sesuatu untuk disombongin, walaupun menurut kita mah gak ada. Berarti kita yang kurang bersyukur sama kepunyaan kita, buktinya orang lain aja sampe ngatain kita sombong. Mereka gak punya apa yang kita punya. Balik lagi ke bersyukur.

13. Kamu dihina? Ingat slogan rokok, pria punya selera. Wanita juga punya, cuma gak ada aja iklannya. Intinya tiap orang beda selera, ya udah biarin. Kamu mah gak rugi, nanti juga ada yang selera sama kamu.

14. Kalo dimarahin, diem. Diem aja tahan diri. Jangan sampe kelepasan ngetawain mereka yang segitu stres nya ingin menjatuhkan kamu sampe marah-marah. Kasian mereka.

15. Ketika sedih, ketawain aja. Biar si kesedihan jadi malu, karena dia gak ada apa-apanya, toh kamu masih bisa cengengesan.

16. Ketika punya masalah, buat orang lain di sekitar kamu bahagia dan tertawa. Biar si masalah jadi malu, karena dia gak ada apa-apanya, toh kamu masih bisa jadi sumber bahagia buat orang lain.

17. Jangan merasa kurang, merasa cukup aja. Gak perlu jadi cakep, kaya, ataupun meteran lainnya untuk jadi bahagia. Cukup merasa cukup dan ciptakan bahagia versi kamu sendiri. Kali aja ada yang ngikutin, kamu jadi inspirasi.

18. Gak usah buang waktu berharga kamu dengan iri sama orang. Kamu kan gak tau, kali aja ternyata dia malah balik iri sama kamu, cuma kamu gak sadar karena lupa bersyukur. Sekalipun hidup dia emang lebih enak, kamu gak akan dapet apa-apa dengan merasa iri. Capek batin sih iya.

19. Kalo rumput tetangga keliatan lebih hijau, coba tanya tetangga kamu, periksa mata di mana? Kali aja dia matanya minus atau plus atau silindris, jadi lebih terang hijaunya. Coba kamu juga periksa mata, mungkin rumput kamu juga cerah, mata kamu aja yang buram.

20. Jangan mau jadi siapa-siapa selain jadi diri kamu sendiri. Jangan, ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar