Selasa, 21 Februari 2017

Sebuah Pertanyaan

"Hai senpai, aku mau bertanya, sudilah kiranya kakak menjawab kegelisahan hati ini. Aku yang seorang siswa kelas 3 SMA dan lagi banyak-banyaknya tryout, pemantapan, dan tugas, mager banget belajar. Gimana sih biar bisa semangat belajar tapi tetep bahagia? Kalo saya gak belajar, nilai saya nanti jelek dan takutnya gak tembus PTN. Tapi kalo saya belajar, pikiran saya butek. Pls help me :("

***

Um, gini, mas nya.

Kalo saya tau gimana caranya biar bisa belajar dengan semangat seperti demikian, tentulah IPK saya akan tertera empat dengan bahagia. Tapi nggak, IPK saya nggak empat, saya sering mikir kuliah itu capek dan malesin, tapi saya tetep bahagia. Emejing sangat, bukan?!

Ya, setidaknya, saya merasa saya bahagia dengan apa yang ada saat ini.

Gimana ya, bingung saya juga mas. Saya juga waktu kelas tiga SMA dulu, jarang banget belajar. Kayaknya di keluarga saya, saya yang paling nyante deh. Adek saya yang gede, bangun subuh, belajar. Tidur larut, belajar. Adek saya yang kecil, ikutan olimpiade, selalu ranking, ngapalin tiap saat. Saya gak pernah megang catetan di rumah, gak pernah ngapalin, peer dikerjain di sekolah sebelum bel, tryout dijalanin dengan biasa aja banget, pas daftar SNMPTN juga saya mikirnya 'Ini sih gaakan lolos' dan bahkan udah siap kalo gak bisa kuliah.

Tapi emang dasarnya saya mah bisa survive begitu, dijalanin aja. Walau dulu saya urakan, tapi setidaknya 'sistem kebut sebelum ujiannya mulai' works well untuk saya. Walau ngerjain peer sebelum bel, peer saya tetep bener dan selesai. Walau di rumah saya gak belajar, saya baca-baca nya di angkot pas balik sekolah. Tak patut ditiru, memang, tapi preference orang kan beda-beda ya.

Jadi itu mah gimana kamu. Kamu orangnya kayak gimana? Sistem belajar kamu memungkinkan kamu untuk 'leha-leha' nggak? Kayak adik-adik saya, mereka gak bisa leha-leha, harus mateng persiapan, beda sama saya yang dikasih tau ada quiz dadakan tapi tampang gak ada kaget-kagetnya (live dangerously banget dah).

Tapi itu pas jaman SMA sih.

Kalo udah kuliah, nanti juga kerasa bedanya dek hehehehehe saya keteteran banget awal kuliah dulu, tapi sekarang, menginjak semester empat udah terbiasa nyiapin segala sesuatu dengan sistematis, gak deadline-deadline lagi. Ya kadang sih hehehe.

Hmm, jawabannya dapet gak sih HAHA :(

Ya balik ke metode belajar yang cocok buat kamu ajalah intinya, yang nyaman kau pakai.

Kalo gagal juga gimana kak? Ya udah coba pake kekuatan cinta (LAH?!).

Jadi, cinta itu stimulan. Cinta akan membuatmu semangat. Kamu harus percaya itu! (yang gak percaya emangnya siapa Yo...)

Contoh, saya juga semangat kerja serabutan nerjemahin dan ngerjain tugas orang lain, walaupun capek, tapi itu karena cinta dek. Ya. Cinta saya kepada uang!

Memalukan :(

Gini lah, kamu punya pacar gak? Kalo punya, putusin sekarang. Soalnya dia udah gagal membuat kamu bahagia dan gagal menyemangati kamu. Kamunya aja sampe nanya sama saya. Kamu harus cari yang baru!

Cintai apa ajalah, apaan kek gitu. Temen di bimbel kek, apa gurunya juga boleh. Yang belom nikah ya. Atau meja bimbel kek. Atau spidol. Apa ajalah yang bisa dicintai. Gak tau juga saya, apa yang harus kamu cintai di keadaanmu yang seperti saat ini. Tapi cinta bisa datang dari mana saja, kapan saja, dimana saja, dan pada apa saja lho! (lah)

Tapi hati-hati ya dalam mencinta. Contoh, biar semangat ngampus, saya cari yang bisa saya cintai di kampus. Nemu deh spot wifi di kampus. Ya udah saya cinta sama spot itu. Tapi jadi skip kelas saking cintanya. Nah itu salah dek.

Ngerti gak? Ngertiin aku dong dek. Oke, selamat mencinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar