Selasa, 21 Februari 2017

Kondangan

Di akhir minggu bulan Januari lalu, dua undangan dengan beraneka ragam bentuk nyampe di tangan saya satu-persatu. Dua-duanya adalah teman-teman di masa kecil saya, tapi dua-duanya juga resepsi di hari yang sama. Mau nggak mau, saya harus milih salah satu, karena saya terlalu mager untuk mampir ke dua tempat dalam satu hari, kalo bukan karena bayangan makanan. Maka saya pun milih satu, yang gedung resepsi nya paling deket (45 menit naek motor padahal, sama aja jauh), dan nelponin temen-temen yang lain buat nitip amplop untuk yang satunya.

***

Hari Sabtu yang ditunggu pun datang. Nggak nunggu-nunggu amat sih, saya aja bangunnya kesiangan (jam 12 baru bangun). Mandi seikhlasnya, dangdan juga seadanya, baju juga nyamber yang kejangkau tangan doang (re: dress batik warna ijo tai kuda, legging, sama sepatu ngampus yang di kanebo seadanya biar rada kinclongan). Lagi nali sepatu, tau-tau tetangga depan teriak ke anaknya yang lagi maen depan rumah.

"KIII, TOS HUJAN GEURA ASUP!"

Resepsinya jam 12 sampe jam 4, sementara saat teriakan itu menggelegar hingga ke kamar saya, udah jam 3 lebih lima menit. Mager ditambah hujan sama dengan mager pangkat dua.

Tambahan lain, temen yang nikah adalah temen yang tiap ngobrol selalu bilang, "Ah, kamu pasti nikah duluan, kan kamu mah kejar tayang."

IYA, IYA.

Sempet kepikiran mau nitip amplop aja gitu tapi gak enak juga sih. Setelah dipikir-pikir lagi, mungkin buat saya ini cuma kondangan yang harus saya datengin just for the sake of 'temen lama', tapi bagi temen saya, ini hari spesial yang (semoga kiranya) cuma sekali seumur hidup (aminin tuh). Maka sudilah kiranya saya memberkahi dan merestui pesta pernikahannya dengan kehadiran saya yang (sebenarnya nggak) penting (-penting amat).

Bodo amat, Yo...

***

Ya udah pokonya saya jadi dateng juga akhirnya. Meski kena hujan sepercik, jalanan juga becek, sendirian pula. Di grup, temen-temen lain udah pada share foto-foto (plus kalimat yang mempertanyakan keberadaan saya dengan kepslok yang jebol) dan kelihatannya udah pada balik. Terus, beberapa dari married member di grup ini ngeshare foto mereka yang ke kondangan sambil gendong bayi di tangan kanan dan suami di lengan kiri.

Nggak, saya nggak ngebet nikah muda, tapi ya kenapa jadi merasa dicobai gini sih...

***

Saya mendekati mbak-mbak yang jaga buku tamu. Ngisi nama, terus ngarep suvenir, di grup saya liat kalo suveningnya patung kecil lucu gitu. HAHAHA :(

Eh, si mbak nya diem aja dong. Gak ngasih apa-apa. ADA APA INI MBAK?!

"Suvenirnya mana, teh?"

"Habis, teh... 15 menitan lalu lah, tadi juga ada yang gak kebagian kayak teteh."

Okay.

Kaki ini melangkah masuk menuju arah hidang-hidangan untuk mencari penghiburan, namun alangkah sedihnya karena saya udah ngosongin perut demi kondangan ini tapi makanan yang tersisa adalah makanan-makanan pedas (yang mana merupakan pantangan dari dokter). Ya sudahlah saya nyocol es krim aja.

Karena gak dapet suvenir, gak ada makanan, dan udah mulai sepi, ya udah saya pikir mending salaman abis itu pamit. Minimal setor batang idung, gitu.

"Yooo, makasih ya nyempetin dateng!"

"Iya, selamat ya, maaf telat tadi hujannya tau-tau kenceng."

"Kamu sih kesiangan, jadi udah sepi, udah pada mau habis juga, maaf banget ya. Lagian kok dateng sendiri sih? Kebiasaan kalo gak ada yang ngatur, dari dulu deh hahaha."

"Gapapa, hehe, selamat ya, jadi juga nikah muda kan." (ngindarin banget pertanyaan dengan kata 'sendiri')

"Iya nih, padahal kirain kamu duluan, lakinya ganti mulu. Gak dibawa?"

"Hmm, aku mau ada urusan lagi ini kerjaan, pamit ya..."

Di kalimat terakhir saya udah mau turun dan pulang. Eh ditarik diajak foto. Saya yang udah males banget (dan laper) udah bilang, "Aduh, pamit aja ah pake foto segala" tapi dipaksa-paksa.

Lalu keluarlah kalimat sakral nan dramatis (di telinga saya sih kedengarannya dramatis).

"Biar nular nikah muda!"

Semuanya terjadi dengan begitu singkat, seketika saya di tengah pasangan dan jepret. Saya bingung dan kaget, terus ya udah pulang dengan pikiran yang bergejolak. Tapi gak tau mikirin apaan. Pengen nikah muda juga? Nggak juga sih, sedapetnya rejeki aja. Pengen ditemenin ke kondangan? Nggak juga sih, kebiasaan sendiri kemana-mana. Pengen cepet punya bayi? Nggak juga sih, ribet masih kuliah. Pengen makan? Iya sih saya udah ngebayangin Indomie.

***

Intinya saya emang gak jelas...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar